SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI NAGARI TANJUANG BARINGIN KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN https://tanjungberingin.opendesa.id/artikel/2016/8/26/sejarah-desa Kami Nagari Tanjuang Baringin Siap Melayani dengan Sepenuh Hati

Artikel

Penurunan Angka Stunting, Tanjuang Baringin Rencanakan dalam Rembuk Stunting

02 September 2021 09:21:23  Administrator Tanjuang Baringin  46 Kali Dibaca  Berita Nagari

TANJUANG BARINGIN - Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan dan kekurangan gizi kronis yang kondisinya ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak kurang jika dibandingkan dengan umurnya. Stunting merupakan dampak dari berbagai faktor, seperti faktor berat lahir yang rendah, pengasuhan yang kurang tepat, serta asupan gizi yang kurang.

Dalam data terkait stunting di Kabupaten Pasaman Tahun 2021, Nagari Tanjuang Baringin termasuk dalam lokus stunting. 

"Stunting bukan hanya masalah gizi, tapi juga sanitasi dan layanan kesehatan yang digunakan oleh ibu dan anak". Kata Camat Lubuk Sikaping, Ibu Nina Darmayanti, S.STP, MPA dalam rembuk stunting di Nagari Tanjuang Baringin, Rabu (01/09/2021).

"Rembuk stunting ini penting, ini merupakan upaya kita untuk menurunkan angka stunting, terlebih Nagari Tanjuang Baringin masuk dalam lokus Stunting Kabupaten Pasaman Tahun 2021. Harapan kita angka stunting dapat menurun pada pengukuran di Posyandu yang dilakukan pada bulan Agustus ini dan keluaran output yang kita hasilkan dari kegiatan ini sesuai dengan ketentuan yang ada dan terkoordinir dengan baik". Tambah Camat.

Dalam kegiatan ini, juga disinggung masalah swiping (kunjungan ke rumah) oleh Kader Posyandu. Pelaksanaan swiping ini dilakukan saat sasaran tidak datang ke posyandu. Beberapa alasan diutaran oleh masyarakat yang tidak datang, salah satunya jadwal posyandu yang bentrok dengan pekerjaannya. 

Dari rembuk yang dilakukan, dihasilkan beberapa poin yang direkap dari rembuk kader kejorongan yang nantinya hasil ini akan dimasukkan ke dalam RKP Nagari Tanjuang Baringin Tahun 2022 untuk didanai.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Camat Lubuk Sikaping, Ibu Nina Darmayanti, S.STP, MPA, TA P3MD Kabupaten Pasaman, Ibu Fety Anggraini Dewi, SH, dan Pendamping Desa Kecamatan Lubuk Sikaping, Bapak Darman. Selain itu juga dihadiri oleh Bidan Desa selaku bagian kesehatan di Posyandu serta perwakilan kader posyandu dan KPM Nagari.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Agenda

Belum ada agenda

Aparatur Nagari

Back Next

Info Media Sosial

Wilayah Nagari

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Syech Mahmoed No. 11 C, Jorong Ampek, Nagari Tanjuang Baringin
Nagari : Tanjuang Baringin
Kecamatan : Lubuk Sikaping
Kabupaten : Pasaman
Kodepos : 26351
Telepon :
Email : nagaritanjuangbaringin@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:61
    Kemarin:67
    Total Pengunjung:11.322
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.54.67
    Browser:Tidak ditemukan